Bulan suci ramadhan

Assalamualaikum 😊
Tidak terasa sekarang sudah masuk puasa hari kelima.
Cuaca disini lumayan adem. Dari sahur sampai tadi pagi hujan, tapi mwnjelang dhuhur sampai ashar ini matahari bersinar cerah tapi tetap adem. Masya Allah suatu keberkahan untuk kita yang sedang puasa.
Bulan ramadhan tentunya tidak luput dari hal-hal khas yang beriringan dong. Semisal buka puasa bersama sekaligus reunian. Mulai dari teman kecil, teman TK, SD,SMP, SMA, teman kantor bahkan saya sempat melihat meme yang membuat acara bukber teman satu rumah sakit tempat dilahirkan. Menggelitik memang, tapi bagi saya hal ini tidak ada salahnya dilakukan. Apalagi mengingat kita di anjurkan untuk menjalin tali silaturahmi sesama manusia.
Selain bukber, hal khas dari ramadhan yaitu takjil. Tentu berbeda menu di setiap kota. Kalo di daerah saya yang di gandrungi tentunya es pisang ijo, es buah, kolak pisang, jalangkote, katiri sala (astagfirullah jadi ngiler bahas makanan 😂). Selain takjil, yang menjadi khas dan hanya ada di ramadhan yaitu sholat tarawih.
Sholat tarawih adalah sholat sunnah pada malam ramadhan sebanyak 8-20 rakaat ditambah witir 3 rakaat di akhir. Nah, inilah yang menjadi kegelisan saya. Selama 6 malam melakukan sholat tarawih di mesjid dekat rumah, saya mengamati dimana remaja atau anak-anak cukup antusias. Terlebih lagi dengan adanya buku amalia ramadhan yang menjadi tugas mereka. Tapi, saya jarang mendapati gadis seumuran saya di mesjid. Begitupun juga dengan perjakanya.
Jangankan 20 rakaat, 8 rakaat saja mereka jarang terlihat. Yah mungkin lagi sibuk bukber. Atau mungkin lelah pulang kerja. Saya sering merasa apa yah, mungkin resah. Ketika yang disamping kanan kiri saya adalah para nenek-nenek yang dulunya juga gadis. Disinilah saya merasa bersyukur, saya bisa fokus beribadah. Bisa puasa, tarwih 20 rakaat, tadarrus tanpa takut akan urusan dunia. Yah, tidak semua orang dapat merasakan nikmat ini. Walau saya tidak bisa mengharap thr dari kantor dihari lebaran setidaknya Allah jamin Thr untuk saya. InshaAllah. Aamiin
Wassalam.

Komentar